ciri ciri ayam bangkok aduan kepala yang bagus

Bentuk kepala pinang
Salah satu ciri ciri ayam bangkok aduan yang bagus adalah kepalanya berbentuk lonjong seperti buah pinang (dari paruh s/d pangkal kepala relatif lebih panjang). Kepala yang pinang memiliki jangkauan patuk dan putaran kepala lebih luas, sehingga lebih sering dapat saat mematok lawan, dan patukannya “nutup”.

Bulatan kepala (kening kepala) sedang
Bulatan kepala ayam bangkok atau kening bagian kepala atas berukuran sedang.  Hindari kepala yang kebesaran, walaupun sangar dan tahan pukul, tapi kepala jadi berat, tidak lincah, teknik kepalanya seperti ayam bangkok bodoh yang gampang kena pukul.  Jika kepala ayam terlalu kecil, kepala ringan dan lincah, tetapi tidak tahan pukul karena tulang kepala kurang besar.

Posisi kepala main atas
Ciri ciri ayam bangkok aduan yang bagus umumnya posisi kepala di atas atau main atas (jika ditekan berkali-kali ke bawah kepalanya naik lagi). Kepala ayam bangkok main atas lebih disukai daripada kepala yang suka main bawah.  Kepala ayam bangkok main atas dan jika ke desak sesekali ke bawah, ini lebih disukai karena ayam bangkoknya lebih cerdik daripada yang selalu main atas.  Ayam asli thailand umumnya pintar memainkan kepala dan sulit dipukul karena kepala gesit dan sesekali nyelinap.  Posisi kepala main atas atau bawah juga bergantung postur, yang tegak biasanya main atas.

Warna paruh tembus
Warna paruh ayam bangkok yang bagus adalah sama dengan warna kaki dan seimbang bagian kiri dan kanan.  Warna paruh sama dengan warna kaki artinya “tembus”.  Komposisi warna yang dominan juga perlu seimbang.  Harus dihindari warna paruh yang tidak “tembus”. 

Paruh kuat berparit
Paruh ayam bangkok yang bagus adalah tebal, besar, panjang dan melengkung.  Paruh demikian kuat menjepit dan tidak patah.  Paruh melengkung membuat benda yang digigit sulit lepas/dicabut. Ada juga paruh yang berparit (garis di paruh atas), menandakan paruhnya lebih kering dan kuat. Harus dihindari paruh ayam yang kependekan atau kebiasaan ayam yang “ngemut” atau lama menggigit dan cara mematok seperti "menyusui" dan cara mematok yang tidak "nutup".

Kulit muka tebal
Kulit muka ayam yang bagus tebal dan kencang (tidak keriputan seperti nenek tua), berwarna merah tua (ayam bangkok sehat), dan tidak berbulu.  Muka tebal adalah akan kebal dan tahan pukul. Kulit tebal umumnya sulit ditumbuhi bulu, sekalinya tumbuh maka bulunya keras dan kuat. Kulit ayam terbaik adalah ayam saigon vietnam, yang kulitnya paling tebal diantara jenis ayam lain. Kelemahan kulit yang kurang tebal, dapat ditutupi jika mata ayam bangkok cekung ke dalam dan tulang alis menonjol dan kuat. 

Jengger, kuping dan pial (jenggot)
Jengger, kuping dan pial ayam jarang jadi perhatian.  Pada umumnya hanya memperhatikannya agar tidak terlalu besar seperti bentuk ayam kampung.  Jengger macam-macam, ada yang pendek, sedang dan tinggi, yang paling penting adalah jengger tebal dan berkesan kebal dan bebal.  Jika jengger besar maka yang baik adalah ujung belakang merapat ke kepala belakang.  Jengger besar atau tigan membuat ayam lebih percaya diri, tetapi jengger pendek pun punya kelebihan sulit dipatok dan kepala ringan dan lincah.  Hati-hati dengan jengger miring, karena tidak seimbang, kecuali sudah ketahuan teknik permainannya.

Lubang hidung kecil 
Lubang hidung ayam yang kecil disinyalir hemat oksigen dan tahan nafas.  Daya tahan pernafasan juga dipengaruhi oleh paru-paru yang besar (ditandai rongga dada besar dan lebar) dan kemampuan darah mengikat oksigen (kada zat besi darah).  Maka berikan suplemen (atau daun singkong) penambah zak besi untuk ayam yang lubang hidung besar dan rongga dada kecil.  Pelari maraton (lari berkilo-kilo meter) dan petinju dipastikan memiliki kadar zak besi darah yang lebih tinggi dari orang kebanyakan.

Demikian tentang ciri ciri ayam bangkok aduan kepala yang bagus, semoga bermanfaat.

Kembali ke Ciri ciri ayam bangkok aduan yang bagus

Cari disini

Memuat...