.


universitas terbaik di indonesia by university rankings Ban-PT Peringkat Universitas di Indonesia Universitas jurusan PENDIDIKAN EKONOMI Akuntansi Universitas jurusan PENDIDIKAN TEKNIK

Cara merawat ayam aduan agar mencapai 7 hingga 8

Tips cara merawat ayam aduan bangkok agar dapat tumbuh besar ukuran 7 hingga 8 sebetulnya gampang-gampang susah.  Diperlukan sedikit kesabaran dan ketelatenan dalam merawat ayam aduan tersebut mulai dari anakan.

Cara merawat ayam aduan bangkok

Cara merawat ayam aduan bangkok disini dipaparkan berdasarkan pengalaman yang digabungkan dari praktek teman-teman lain yang sudah sangat lama sebagai peternak ayam aduan bangkok.  Secara garis besar, cara merawat ayam aduan mencakup perawatan sejak anakan, pemberian pakan, vitamin, kalsium, dan menjaga makanan tidak terbuang, dan menjaga ayam jangan cepat birahi ke ayam betina.

Pertama adalah memilih indukan yang setidaknya satu tingkat di bawah ukuran 7 - 8. Untuk mendapatkan ukuran 8, indukannya harus minimal berukuran 7, dan untuk mendapatkan ukuran 7 maka indukannya minimal berukuran 6. Artinya, dengan cara merawat ayam bangkok intensif umumnya diperoleh ukuran turunan ayam bangkok satu tingkat lebih besar dari indukan atau pacek.

Cara merawat kedua, harus mencuri start semasa anak ayam masih kecil. Semasa kecil umur 0 - 3 minggu pertumbuhan ayam harus dimaksimalkan/digenjot. Perawatan ayam bangkok usia dini harus intensif agar cepat besar (mencuri start) dan tidak boleh sakit. Jika ayam kecil sakit, walaupun sudah sembuh diobati, tetap saja diperlukan waktu satu minggu masa pemulihan. Masa sakit dan masa pemulihan akan mengurangi jatah masa pertumbuhan ayam, yang umumnya terbatas hingga 5,5 bulan. 

Cara merawat ayam ketiga, teruskan pemberian pakan pur murni dan vitamin setidaknya sampai umur 2 bulan atau bulu ayam di punggung dan leher mulai rontok. Jika ingin berhemat, setelah umur dua bulan pur boleh dicampur dengan dedak katul 4:1 (basah). Atau buat sendiri pakan bergizi.

Cara merawat ayam keempat, tunjang pertumbuhan ayam melalui pertumbuhan tulang. Perawatan ayam bangkok tidak hanya membesarkan daging badan saja, karena badan yang besar oleh daging akan menyusut kembali saat memasuki masa latihan dan abar. Caranya dengan memberikan bahan makan berkalsium tinggi, atau langsung dengan pemberian calk (kalsium). Cara yang murah meriah dapat menggunakan batu kapur.

Cara merawat ayam aduan kelima, mengatur keseimbangan antara meningkatkan nafsu makan, memberikan pakan bergizi dan menjaga makan tidak terbuang. Nafsu makan harus ditingkatkan terus menerus sampai besar, caranya dengan pemberian vitamin, atau mengkondisikan anak-anak ayam atau mengatur waktu pemberian pakan sehingga mereka saling berebut mendapatkan makanan. Jika nafsu makan sudah bagus, maka tinggal berikan makan yang bergizi seperti pur atau makanan buatan sendiri yang berprotein tinggi. 

Makanan harus dijaga agar tidak terbuang percuma. Caranya antara lain, dengan memotong dan membuang sebagian bulu ayam. Bulu ayam yang banyak akan menyedot makanan, sehingga berkurang jatah untuk badan dan tulang. Ayam berusia 3 minggu, ujung sayapnya di potong agar tidak tumbuh panjang. Jika ekor sudah tampak panjang juga dipotong pendek. Ayam yang berusia 2 bulan, atau sejak bulu punggung dan leher rontok, maka bulu punggungnya di cabut semua, termasuk sebagian leher dan sebagian pangkal paha dan bahu. Pembuangan sebagian bulu ayam juga untuk mempertebal kulit-kulit dibagian yang dicabut tersebut sehingga lebih tebal dan kebal.

Cara merawat ayam bangkok dengan pencabutan bulu ini didasarkan pada pengamatan ayam yang mabung pada usia 1,5 tahun. Banyak ayam setelah mabung, ukuran badan tambah besar dan tulangnya tambah keras dan kuat.

Berikutnya dengan mengurangi gerakan ayam. Semakin banyak ayam bergerak semakin banyak makanan (protein/karbohidrat) yang dibakar untuk energi gerak. Karena itu ayam kecil hingga muda berusia 5 - 6 bulan (sampai bulu rawis dan bulu leher tumbuh baru) harus tetap di kandang. Cukup dilepaskan setiap beberapa hari sekali selama beberapa jam untuk mengurangi kekakuan kaki dan sayap. 

Cara merawat ayam keenam, memperlambat ayam jago muda cepat birahi dan mau kawin.  Jika ayam aduan sudah sudah tahu betina dan mau kawin maka pertumbuhan langsung berhenti.  Ayam bangkok yang cepat mau kawin pertumbuhannya berhenti pada usia sekitar 5 bulan, padahal harusnya jika masih culun dan lugu masih bisa tumbuh besar hingga usia 7 bulanan.      

Tips-tips cara merawat ayam aduan bangkok di atas, sudah cukup untuk membuat ayam tumbuh besar. Tapi jika lebih meyakinkan lagi adalah dengan memanfaatkan makanan bergizi dari buangan pabrik, seperti susu bubuk bekas, tepung ikan atau tepung udang. Susu bubuk bekas di pengumpul bahan bekas pabrik di jual murah Rp 3.000 - Rp 5.000 per kg. Susu bubuk merupakan bahan makanan paling bergizi, maka tidak salah susu diberikan untuk bayi. Susu bubuk lebih baik dari tepung ikan, tepung udang, daging, daging ayam dan lainnya karena mudah diserap oleh pencernaan. Berikan susu bubuk tersebut untuk campuran pakan ayam, terutama untuk yang masih kecil.

Demikian informasi tentang cara merawat ayam aduan agar mencapai 7 hingga 8, semoga bermanfaat.

Share:

No comments:

Post a Comment