.


universitas terbaik di indonesia by university rankings Ban-PT Peringkat Universitas di Indonesia Universitas jurusan PENDIDIKAN EKONOMI Akuntansi Universitas jurusan PENDIDIKAN TEKNIK

Bentuk kepala ayam aduan yang bagus dan pinang

ayam aduan yang bagus dan pinang

kepala ayam aduan bagus adalah bentuk kepala pinang

Bentuk kepala ayam aduan bangkok umumnya ada dua tipe. Tipe pertama adalah bentuk kepala pinang, seperti buah pinang. Kepala pinang bentuknya lonjong memanjang, yang semakin ke ujung ke arah paruh makin mengecil.  Tipe kedua adalah tidak pinang, artinya jarak dari pangkal kepala hingga ke pangkal paruh lebih pendek, yang terkesan bulat.

Bentuk kepala pinang atau tidak pinang, diketahui dari tampak samping. Kepala pinang, jarak dari lekukan di pangkal kepala hinggga paruh (atau pangkal paruh) lebih panjang daripada yang tidak pinang.  Pada gambar di atas, kepala ayam bangkok pinang adalah gambar kiri, dan kepala yang tidak pinang adalah gambar kanan.

Kepala dengan bentuk pinang lebih mampu mematok dengan baik. Kepala yang lebih memanjang tersebut membuat paruhnya bisa mencapai sasaran patukan yang lebih jauh. Lingkaran pergerakan kepala dari belakang ke depan, kiri dan kanan, lebih luas dan lebih jauh jangkauannya. Sebaliknya kepala yang tidak pinang, sulit mencapai sasaran patukan yang lebih jauh. Peluangnya mendapatkan patukan lebih sedikit daripada yang kepala pinang.  Jadi kepala ayam aduan bagus adalah kepala pinang.

Kepala bentuk pinang akan semakin sempurna jika memiliki patuk yang panjang dan melengkung, sehingga jangkauan patuk lebih panjang dan juga “nutup”.  Namun, seperti apapun bentuk kepala, tetap saja kemampuan mematok harus dilatih dari kecil, yaitu dengan membiasakan ayam aduan makan dari wadah yang tinggi sehingga kepalanya terlatih menjangkau yang tinggi, dan sekalian badan terlatih berdiri tegak.

Masih terkait dengan bentuk kepala pinang adalah bentuk bulatan kepala (kening atau benjolan kepala) di atas mata. Bentuk kepala pinang, bulatan kepala atasnya tidak besar. Bulatan kepala yang kebesaran membuat kepala jadi berat, tidak lincah. Kepala yang besar dan lambat pergerakannya membuat kepala mudah terkena pukulan karena kepala tidak gesit menghindar.

Sekian tentang bentuk kepala pinang dan kepala ayam aduan bagus, terima kasih.  Lihat semua ciri ayam bangkok aduan yang bagus
Share:

No comments:

Post a Comment